UNWIRA Adakan Kegiatan PKKMB Tahun Akademik 2021/2022 Secara Virtual

Posted by Ertus on 12 Agustus 2021 in Kategori | INFO KAMPUS


    Universitas Katolik Widya Mandira Kupang, mengadakan kegiatan Pengenalan  Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun Akademik 2021/2022 secara virtual hari pertama, Kamis (12/8/2021). Kegiatan ini berlangsung di Kampus Utama Unwira Penfui, Kupang yang diikuti secara langsung oleh 7 perwakilan mahasiswa baru dan diikuti secara online oleh 1.500-an mahasiswa baru lainnya. PKKMB Unwira kali ini bernaung di bawah tema: "Membangun Manusia Unggul di Era 4.0 pada Masa New Normal".

    PKKMB hari pertama ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan laporan dari Ketua Panitia PKKMB Tahun Akademik 2021/2022, Apolonaris Gai, S.IP., M.Si. Dalam laporannya, Bapak Apolonaris Gai mengatakan bahwa kendati dilanda Pandemi Covid-19, Pemerintah Indonesia melalui Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI tetap memberikan prioritas utama bagi dunia pendidikan. "Pemerintah Indonesia membuat penyesuaian kebijakan pembelajaran di masa Pandemi Covid-19 dengan mengutamakan kesehatan dan keselamatan peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, keluarga dan masyarakat secara umum", tegasnya. Bapak Ketua Panitia PKKMB juga menyebut beberapa materi kegiatan yang akan diikuti oleh peserta PKKMB, yakni meliputi pembinaan gerakan nasional Revolusi Mental, sistem pendidikan di Indonesia, Perguruan Tinggi di era Revolusi Industri 4.0, kehidupan Kampus dalam masa Pandemi Covid-19 dan kesadaran akan lingkungan hidup dan Kampus sehat.
 
    Sementara itu, dalam kata sambutannya, Rektor Unwira, Pater Philipus Tule, SVD pertama-tama menegaskan bahwa tujuan utama PKKMB adalah pengenalan sekaligus menyiapkan mahasiswa baru dalam proses transisi dari lingkungan pendidikan menengah memasuki lingkungan pendidikan tinggi sebagai mahasiswa yang diharapkan akan menjadi mahasiswa yang dewasa, mandiri, kreatif, bertanggung jawab, inovatif dan juga mahasiswa yang secara cepat, tepat beradaptasi dengan lingkungan baru. Pada kesempatan itu pula, Pater Philipus, demikian sapaannya, menjelaskan tentang arti nama Universitas. "Para mahasiswa sekalian memasuki Perguruan Tinggi Swasta yang bernama Universitas Katolik Widya Mandira. Widya berarti ilmu atau pengetahuan. Sedangkan Mandira berarti menara atau tower. Oleh karena itu, mahasiswa sekalian masuk di sini untuk belajar menjadi orang yang memiliki dan mampu mengembangkan ilmu pengetahuan", jelasnya. Mengakhiri kata sambutannya, Pater Rektor menyampaikan terima kasih kepada para mahasiswa baru yang telah memilih Unwira sebagai tempat untuk melanjutkan jenjang pendidikan tinggi.

    Dalam PKKMB hari pertama ini, mahasiswa baru mendapatkan berbagai materi dan informasi penting berkenaan dengan tata tertib dan proses pendidikan yang berlangsung di Unwira. Di penghujung acara, Pater Rektor melantik 7 perwakilan mahasiswa baru dan memperkenankan mereka untuk mengenakan jas almamater (Unwira). *** (Fr. Senus Nega, SVD) ***


 

 

BERITA TERKAIT

Rektor UNWIRA Ucapakan Selamat Hari Raya Idul Adha 1442 H - 2021 M
Pembukaan Rekrutmen Calon Dosen Tetap Universitas Katolik Widya Mandira
JADWAL ETS TOEIC
HASIL SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU GELOMBANG 1 UNWIRA TA 2021/2022
Dua Dosen UNWIRA Bawakan Makalah: Webinar Antrophos "The 5th Symposium of Familiology 2021"