Berbagi Pengalaman Kegiatan Ekstra Kampus Dalam SDW 1.0 UNWIRA

Posted by inggrit on 21 Mei 2021 in Kategori | Kegiatan Mahasiswa



Berbagi Pengalaman Kegiatan Ekstra Kampus Dalam SDW 1.0 UNWIRA


Kupang- Untuk pertama kalinya, Senat Mahasiswa Universitas Katolik Widya Mandira Kupang periode 2020/2021 mengadakan kegiatan Skills Development Week 1.0 atau yang disingkat SDW 1.0 secara daring. Kegiatan ini mengangkat tema “Productivity and Technology; Students’ Bare Essentials” dengan tujuan untuk membangkitkan semangat produktivitas mahasiswa melalui features technology yang tersedia secara gratis dan dapat diakses dengan mudah. Saat menghubungi ketua panitia Maria Regina Kelen Toby, seluruh rangkaian kegiatan ini akan berlangsung dalam dua hari yakni 21-22 Mei 2021. Alhasil, secara resmi kegiatan ini telah dibuka oleh rektor UNWIRA P. Dr. Philipus Tule SVD sembari memberikan support bagi para peserta serta menjanjikan intensif bagi peserta yang aktif dan berhasil mengaktualisasikannya berupa summary hasil pemanfaatan google products yang ada.

Pada hari pertama, kegiatan ini semata-mata diisi dengan sesi berbagi pengalaman atau sharing session bersama alumni dan mahasiswa berprestasi UNWIRA di bidangnya masing-masing. Di antaranya ada Elia Simon, S.Pd yang ikut dalam pertukaran pelajar di Amerika Serikat. Dalam sharing-nya, beliau memaparkan tentang program Global Ugrad yang memberikan beasiswa penuh kepadanya dan menceritakan keuntungan apa saja yang didapatnya selama berada di sana. Selain itu. ada juga salah satu alumni UNWIRA, Sisilia Gracela Tunga, S.Pd lulusan tahun 2019 dari prodi bahasa Inggris yang menceritakan pengalamannya ketika mengikuti KDMI (Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia) dan NUDC (National University Debating Championship) sekaligus ketika beliau dipilih menjadi juri tingkat wilayah di Bali tahun 2019. Dalam pemaparannya, kegiatan ekstra kampus tersebut bertujuan untuk memilih kandidat perwakilan Indonesia di kompetisi debat tingkat internasional yakni WUDC (World University Debating Championship). Tentu banyak hal yang dibagikan oleh beliau dalam kegiatan ekstra kampus ini sembari memotivasi para peserta agar berani mengikuti kompetisi ini dan mengingat track record UNWIRA selama ini yang telah membuahkan hasil positif.

Sembari Sary Desrin selaku pewara dalam zoom meeting ini memberi kesempatan para peserta untuk menulis pertanyaan di kolom chat, pembicara berikutnya adalah Emanuel Kosat. Beliau merupakan mantan ketua senat UNWIRA dan berkesempatan untuk men-share pengalamannya terkait kegiatan dalam Organisasi Kemahasiswaan Kampus. Selain membagikan pengalamannya, beliau juga mengapresiasi kegiatan virtual ini sebagai suatu perjumpaan pikiran yang mana para mahasiswa itu adalah determinasi atau penentu dari peradaban dunia.

Di sela-sela keseriusan para peserta menyimak sharing session dari para pembicara, tak kalah pula sang pewara mengajak mereka untuk tetap bersemangat sembari menyorakkan yel-yel kebanggan dari kegiatan ini. Kemudian tibalah pada sharing session terakhir yang dibawakan oleh dua mahasiswi aktif UNWIRA berprestasi. Kedua mahasiswi cantik ini adalah Kristiani Ragat dan Chandel Abineno. Dalam kesempatan ini, mereka membagikan pengalaman terkait kegiatan ekstra kampus dalam ajang PILMAPRES dan PKM yang tentu telah mereka guluti selama ini dan meraih banyak penghargaan. Besar harapan mereka agar para mahasiswa UNWIRA berani berkompetisi dan belajar banyak hal demi produktifitas dan kreatifitas di era digital ini. Dan akhirnya harapan itu diamini oleh para peserta dan tetap bersemangat untuk mengikuti kegiatan ini selanjutnya pada hari esok Sabtu 22 Mei 2021 pada jam yang sama dan pembiacara yang berbeda. *Seksi Publikasi

 

 

BERITA TERKAIT

XL Future Leaders Bersama Unwira Gelar Doers Festival Bertajuk Keberanian
Dua Dosen UNWIRA Bawakan Makalah: Webinar Antrophos "The 5th Symposium of Familiology 2021"
SKILLS DEVELOPMENT WEEK 1.0
Rektor UNWIRA Ucapkan Selamat Idul Fitri
DOERS FESTIVAL