"Strategi Penyusunan Proposal PKM"Jadi Tema Kegiatan Coaching Clinic PKM2021: Sambutan Rektor

Posted by Ertus on 12 Maret 2021 in Kategori | INFO KAMPUS


Universitas Katolik Widya Mandira mengadakan kegiatan Coaching Clinic Program kreativitas mahasiswa (PKM) bagi para dosen dan mahasiswanya. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari yakni tanggal 12 sampai 13 Maret 2021 dan dilaksanakan secara virtual melaui Zoom dan kanal youTube Universitas Katolik Widya Mandira. Para pemateri dalam kegiatan Coaching Clinic ini ialah beberapa dosen yang pernah lolos PKM antara lain; Dr. Maximus M. Taek, M.Si (PKM 8 bidang), Dr. Adri Gabriel Sooai, ST., M.T (PKM Gagasan Futuristik), Gerardus Diri Tukan, S.Pd., M.Si (PHP2D), Fransiska D. Setyaningsih, M.Si (PKM – PSH), Aloysius J. Fernandez, S.Si., M.Si (PKM – PM), Gaudensius U.U.B. Duhan, S.Si., M.Sc (PKM – P).



 

Kegiatan itu dibuka oleh Rektor UNWIRA, Dr. Philipus Tule, SVD dengan pertama-tama menyampaikan Selamat Merayakan Isra’ dan Mi’raj (27 Rajab 1442 Hijriyah). Sebagai seorang ahli Islamologi, ia juga menjelaskan arti perayaan Isra’ dan Mi’raj yang menjadi salah satu perayaan penting umat Islam. Lebih dari pada itu ia juga memaknai perayaan ini sebagai wadah untuk memerangi kebodohan religius maupun akademis. Kegiatan Coaching Clinic Program kreativitas mahasiswa (PKM) baginya merupakan cara untuk meninggalkan pasivitas atau kedataran hidup akademia demi mengembangkan aktivitas dan kreativitas Dosen dan Mahasiswa UNWIRA.

 

“Baru 2 (dua) hari yang lalu (tanggal 11 Maret 2021) sanak kerabat kita yang Muslim dan Muslimat merayakan Isra’ dan Mi’raj (27 Rajab 1442 Hijriyah). Karena itu layaklah kita menyampaikan Selamat Merayakan Isra’ dan Mi’raj (27 Rajab 1442 Hijriyah)! Isra’ dan Mi’raj adalah pesta Islamiyah merayakan Perjalanan malam Nabi Muhammad SAW menggunakan boraq dari Mesjid al-Haram di Mekkah menuju Mesjid al-Aqsa di Darussalam (Jerusalem) pada malam 27 Rajab (bulan ke-7) thn 621 Masihiyah. Sang Nabi Muhammad SAW lalu naik ke Langit ke tujuh, dan   ke Sidratal Muntaha serta berjumpa dengan Allah Subhanahu wa ta’ala. Dalam perjumpaan dan dialog itu ada berbagai hal mulia yang diterima dari Allah. Salah satu yang istimewa adalah Penjadwalan Salat Wajib Lima Waktu yang diberikan kepada Nabi dan Umat Islam (berdoa wajib 5 kali sehari) untuk memuliakan Allah dan memperoleh kekuatan dalam menghadapi aneka tantangan serta kemaksiatan, kebodohan religius (atau JAHILIYAH). Apa nilai pembelajaran bagi kita para akademisi (dosen dan mahasiswa di Perguruan Tinggi)?

 

Kita pun harus memerangi berbagai jenis KEBODOHAN (baik religius maupun akademis). Kita harus mencari terang pencerahan budi (Aufklarung) dengan melakukan berbagai cara, antara lain meng-awan/mengudara sebagai simbol meninggalkan pasivitas atau kedataran hidup akademia ini dengan Coaching Clinic Penyusunan Proposal Kreativitas Mahasiswa Tahun Ajaran 2021.

 

Dengan kerja sama yang intensif dan efektif, di dalam kelas perkuliahan dan di luar kelas untuk lebih mengembangkan aktivitas dan kreativitas Dosen dan Mahasiswa UNWIRA, menjawabi tawaran kompetisi oleh Pemerintah (c.q. Mendikbud, Dirjendikti). Daya dan semangat kompetisi akademis kita (Dosen dan Mahasiswa UNWIRA) perlu terus dan senantiasa dipacu juga lewat kegiatan seperti ini “COACHING” (+ LATIHAN) oleh home COACH kita sendiri. Kepercayaan akan kemampuan diri (lembaga) harus disadari dan dimanfaatkan oleh kita sendiri, karena dalam kebersamaan dan kesatuan UNIVERSITY (kesatuan arah: Uni + Versus) kita bisa berbuat apa saja. Saya, secara pribadi sangat mendukung kegiatan seperti ini dan memimpikan bahwa suatu saat nanti (tahun depan/ 2022) akan ada puluhan dan bahkan ratusan PROPOSAL PKM akan di-submit dan lolos serta menang dalam kompetisi. Pandanglah beberapa proposal dan hasil kreativitas mahasiswa dan dosen kita beberapa saat terakhir ini (Prodi Komunikasi, F-MIPA, F-Tehnik bersama beberapa dosen pendamping mereka). UNWIRA masih memendam ratusan dosen dan ribuan mahasiswa potensial. Tinggal kita menggerakkan dan melambungkannya ke permukaan. Saya memberi insentif sebagai tanda apresiasi atas kreativitas dosen dan mahasiswa yang hasil penelitian ataupun PKM di-publish di Journal Internasional terindeks SCOPUS (Rp 1.000.000 per artikel sebagai Penulis Pertama).

 

Oleh karena itu, saya berterima kasih pada bapak Warek III dalam kerjasama dengan LPPM telah merancang kegiatan Coaching Clinic ini, agar semua peserta (dosen dan mahasiswa) sungguh-sungguh; pertama, memahami tujuan dan konsep dasarnya. Kedua, menemukan masalah dan  menghasilkan ide/gagasan berbenefit, orisinal, kreatif, inovatif. Ketiga, menaati aturan pokok dalam Buku Panduan PKM 2021. Ketiga, mengingat Batas waktu dan kelengkapan administratifnya.

 


Dengan pokok pikiran ini, sambil memohon penyertaan Tuhan demi kesuksesan kegiatan ini, secara resmi saya membuka Kegiatan Coaching Clinic PKM 2021 dengan tema “Strategi Penyusunan Proposal Program Kreativitas Mahasiswa”. Tuhan memberkati kita semua”, ungkap ahli Islamologi itu.

 

 

 

BERITA TERKAIT

Sambutan Rektor UNWIRA Pada Acara Pembukaan Seminar Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyaraka
Rektor UNWIRA Ucapkan Selamat Merayakan Isra Miraj
Para Pemenang Lomba PISMA V UNWIRA
Rektor Unwira memberikan insentif publikasi Scopus
Rektor Tutup Pekan Ilmiah dan Seni Mahasiswa (PISMA) V UNWIRA