Kegiatan PKKMB Unwira Berlangsung secara Online

Posted by admin on 14 Agustus 2020 in Kategori | INFO KAMPUS




PKKMB Online: Peserta PKKMB Online Unwira sedang mengikuti pembekalan melalui aplikasi zoom, Jumat (14/8)/ Foto screenshot akun youtube Unwira


Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang mengadakan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun Akademik 2020/2021 secara online dengan mengusung tema “Membangun Manusia Unggul di Era 4.0 pada Masa New Normal”. Kegiatan PKKMB online ini dimulai pada Jumat, 14 Agustus 2020 sampai Sabtu, 15 Agustus 2020, dibuka oleh Rektor Unwira Kupang Pater Dr. Philipus Tule, SVD pada pukul 09:00 WITA, Kampus Merdeka, Jalan Ahmad Yani, Nomor 52 Kupang.


Ketua Panitia PKKMB online UNWIRA Tahun Akademik 2020/2021 melalui Wakil Ketua Panitia Andreas Gual, MA dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan umum dari kegiatan tersebut yaitu untuk memberikan pembekalan kepada mahasiswa agar dapat lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan kampus Unwira. Lebih lanjut Wakil Ketua Panitia menyatakan bahwa tujuan PKKMB yang didasarkan atas keinginan dan harapan yang mesti dicapai dalam kegiatan tersebut tertuang dalam dalam 3 hal antara lain; pertama, menyiapkan mahasiswa baru melalui proses transisi menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri di Unwira, kedua, mempercepat proses adaptasi mahasiswa dengan lingkungan Unwira, dan ketiga, memberikan bekal awal untuk keberhasilan mereka menempuh pendidikan tinggi di Unwira.


“Bagi Unwira, kegiatan ini dijadikan titik tolak pembinaan idealisme, penguatan rasa cinta tanah air, kepedulian terhadap lingkungan, membantu menciptakan generasi yang berkarakter, religius, nasionalis, mandiri, gotong royong dan berintegritas”, kata Andreas Gual.


Selanjutnya Wakil Ketua Panitia mengharapkan agar kegiatan tersebut mampu mendukung penanaman 5 program gerakan nasional revolusi mental yakni Indonesia melayani, Indonesia bersih, Indonesia tertib, Indonesia mandiri dan Indonesia bersatu dengan tujuan mahasiswa Unwira memiliki kedalaman ilmu, keluhuran akhlak, cinta tanah air dan daya saing global.


Materi kegiatan yang dibawakan antara lain; Visi-Misi Unwira, Pedoman Tata Krama dan Revolusi Mental dibawakan oleh Rektor Unwira, Wawasan Bela Negara dibawakan oleh Danrem 161 Wirasakti Kupang, Sistem Pendidikan Tinggi dan Era Revolusi Industri 4.0 dibawakan oleh Wakil Rektor 1, Keuangan dan Cinta Lingkungan dibawakan oleh Wakil Rektor 2, Kemahasiswaan dan 4 Pilar serta Korupsi dibawakan oleh Wakil Rektor 3, Sistem Informasi Manajemen Akademik dan Kemahasiswaan dibawakan oleh Kepala UPT PI, Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan dibawakan oleh Kepala Biro Akademik,  E-learning (celwira) dibawakan oleh Kepala PI TP Unwira.


Rektor Unwira P. Dr Philpus Tule, SVD


Suasana PKKMB Online Unwira secara umum berlangsung baik dan lancar, meskipun ada beberapa kendala teknis yang dialami oleh peserta PKKMB. Usai pemaparan materi Rektor Unwira melantik peserta PKKMB yang berjumlah 1.151 orang dan secara langsung diwakili oleh 2 peserta mahasiswa baru. Dalam amanatnya Rektor Unwira menanamkan rasa kepercayaan diri kepada para peserta PKKMB bahwa sebagai mahasiswa, mereka mesti melaksanakan tugas sebagai mahasiswa secara bertanggung jawab.

“Saya percaya bahwa saudara-saudari akan melaksanakan tugas sebagai mahasiswa dengan sebaik-baiknya sesuai dengan tanggung-jawab yang diberikan kepada saudara dan saudari”, kata Pater Rektor Unwira.*** (Fr. Ertus Sie, SVD)

 

 

 

BERITA TERKAIT

Unwira membuka Pendaftaran Mahasiswa/i Baru TA 2020/2021
UNWIRA Gelar "Pesta Pelindung"
Rektor lepas 115 Mahasiswa peserta KKN-PPM
Yapenkar Membuka Rekrutmen Calon Tenaga Cleaning Service dan Taman untuk Unika
Campus Ministry "ajak" Civitas Akademika Unwira Ziarah