Seratus Lebih Orang Pegawai Yapenkar dan Unwira mengikuti Rekoleksi Sehari

Posted by admin on 15 April 2019 in Kategori | INFO KAMPUS


13 April 2019


Di tengah kesibukan aktivitas kerja yang tinggi, Yayasan Pendidikan Katolik Arnoldus (Yapenkar) Kupang selalu menyediakan waktu bagi para pegawainya untuk bersama-sama melakukan rekoleksi dalam rangka pembinaan kepribadian dan kerohanian.

Hal tersebut mendorong Yapenkar Kupang mengadakan pembinaan kepribadian dan kerohanian para pegawai dalam bentuk rekoleksi persiapan Paskah. Rekoleksi ini merupakan bagian dari pemberian dasar spiritualitas dan nilai nilai kerja agar ditanamkan dari awal. 

Rekoleksi dilaksanakan pada hari Sabtu, (13/4/2019), dan diikuti oleh 159 pegawai baik pegawai administrasi, tenaga fungsional, tenaga teknis, sopir, satpam, dan tenaga kebersihan yang tersebar di Fakultas dan Biro/Lembaga/UPT.

Bertempat di Aula A300 Kampus Merdeka, seluruh peserta rekoleksi dikumpulkan menjadi satu pada pukul 08.00 Wita. Rekoleksi dipimpin langsung oleh Ketua Yapenkar Kupang, Pater Yulius Yasinto, SVD. Peserta dibagi menjadi 4 kelompok, yakni Kelompok Palma, Kelompok Ressurection, Kelompok Alleluya, dan Kelompok Simon dari Kirene.

Setelah dibuka dengan doa, berbagai model kegiatan dilakukan, seperti Kuis Pengetahuan seputar Unwira dan Paskah; Pesan Berantai Ayat Kitab Suci, Melakonkan Peran, dan sebuah refleksi singkat dari Ketua Yapenkar Kupang, Pater Yulius Yasinto, SVD. 

Model rekoleksi diubah dari penyampaian renungan menjadi kegiatan dinamis dengan tujuan agar para pegawai bisa lebih mudah mengenal satu dan yang lainnya. “Kebetulan karena tahun ini ada penerimaan pegawai baru dalam jumlah besar maka rekoleksi ini sekaligus memasukkan mereka dalam lingkungan pegawai dan bisa saling mengenal lebih baik dari awal," kata Pater Yulius.

Suasana rekoleksi terlihat menjadi lebih cair dan tak kaku. Para pegawai lama yang telah mengabdi puluhan tahun pun tak terlihat lelah. Ibu Tince, salah satunya. Perempuan bernama lengkap Kristina Yulita ini terlihat sangat menikmati setiap model kegiatan dalam rekoleksi tersebut. 

“Selama 32 tahun saya kerja di Unwira, baru kali ini acara rekoleksi dikemas menarik begini.” 

Ia berharap agar kedepannya dimasukan acara sharing pengalaman terutama dalam bidang tugas masing-masing pegawai baik senior maupun yunior. Ada pengalaman positif-negatif yang perlu diketahui oleh sesama pegawai dan menjadi bekal bagi para yunior.

Angelina Penun, seorang pegawai Sekretariat Rektorat pun menyampaikan kesan yang ia dapat dari kegiatan rekoleksi tersebut. 

“Rekoleksi ini dapat memudahkan pegawai ketika bersosialisasi dengan sesama pegawai lainnya saat  kembali bekerja.” 

Lanjutnya, kegiatan rekoleksi tersebut menjadi momen untuk membina keakraban diantara sesama pegawai lama dan baru. Ia pun menaruh harapan agar kiranya kegiatan semacam rekoleksi ini bisa dilakukan setiap 3 atau 4 bulan.

Hal senada pun disampaikan Rocky Wangge, seorang pegawai Biro Keuangan Unwira. Baginya, moment rekoleksi ini bagus untuk menjalin kerja sama antar unit. 

“Kami saling mengenal satu dan lain, baik senior maupun yunior,” ucapnya.

Di akhir rekoleksi, Pater Yul menyampaikan harapannya akan para pegawai Unwira. 

“Semoga mereka saling menularkan nilai baik. Kalau sudah saling mengenal begini, pekerjaan lebih lancar, kemudian koordinasi antar unit pun menjadi lebih baik juga.”

Rekoleksi ditutup dengan misa, foto, dan makan siang bersama seluruh pegawai dan pengurus Yapenkar Kupang.

 

 

BERITA TERKAIT

Rapat Senat Akademik UNWIRA
WOKEE Goes to UNWIRA
LPPM Selenggarakan Sosialisasi UBCHEA dan UNDK
Reakreditasi Prodi Ilmu Pemerintahan
Bank Bukopin Cabang Kupang serahkan bantuan Cooperate Social Resposibility