YAPENKAR Kupang Selenggarakan Orientasi Untuk Calon Pegawai Tetap

Posted by admin on 07 April 2019 in Kategori | INFO KAMPUS


1-5 April 2019


Perguruan tinggi merupakan satuan pendidikan dalam sistem pendidikan tinggi yang memiliki peran strategis dalam mencerdaskan kehidupan bangsa sebagaimana yang tertuang dalam UU No 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Dalam era globalisasi saat ini, perguruan tinggi menghadapi banyak tantangan, di antaranya daya saing, kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) baik dosen dan pegawai, peningkatan infrastruktur pendidikan, pemanfaatan teknologi informasi yang canggih, dan lain sebagainya.

Salah satu hal yang menjadi perhatian Yayasan  Pendidikan Katholik Arnoldus (YAPENKAR) Kupang yang menaungi Universitas Katholik Widya Mandira (UNWIRA) Kupang ialah pengembangan SDM para pegawai Unwira. Peningkatan kinerja organisasi mendorong pentingnya konsep pengembangan SDM. Pengembangan SDM merupakan proses perencanaan pendidikan, pelatihan, dan pengelolaan pegawai untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Oleh karena itu, Yapenkar Kupang menggelar kegiatan Orientasi Calon Pegawai Tetap Yapenkar Kupang Angkatan 2017-2019 yang berlangsung selama 5 hari di Aula Utama Kampus Unwira Penfui, Kota Kupang, 1-5 April 2019.

  Kegiatan Orientasi Calon Pegawai Tetap Yapenkar Kupang Angkatan 2017-2019 dimulai pada hari Senin, 1 April 2019 pukul 08.00 Wita. Sebanyak 43 Calon Pegawai hadir mengikuti orientasi dengan menggunakan busana rapi putih-hitam. Kegiatan dibuka dengan sambutan Pater Yulius Yasinto, SVD selaku Ketua Yapenkar Kupang periode 2018-2022. Materi pertama dibawakan oleh Rektor Unwira Kupang, Pater Dr. Philipus Tule, SVD. Rektor membahas tentang Gambaran Umum Unwira dan meminta para Calon Pegawai Tetap untuk menjalankan visi dan misi Unwira. Beliau berharap motto Unwira “Ut Vitam Habeant Abudantius” dapat menjadi roh penggerak yang senantiasa menaungi para calon pegawai untuk semangat mengabdi pada lembaga tercinta ini.

Sejumlah materi penting lainnya yang diberikan kepada para Calon Pegawai Tetap yakni Sejarah, Spiritualitas, dan Nilai-Nilai Dasar Yapenkar; Peraturan Kepegawaian Yapenkar, Pensiun, dan Jaminan Sosial; Tata Kelola SDM dan Organisasi Unwira; Administrasi Akademik, Sistem Informasi Akademik, dan Penjaminan Mutu Unwira; Tata Kelola Keuangan dan Sarana Prasarana; Pengenalan Campus Ministry dan Paguyuban Soverdia.

Yohan Rogan, peserta orientasi, ketika ditemui Selasa (2/4/2019) mengatakan Orientasi untuk calon pegawai ini tidak bisa hanya dilihat sebagai kegiatan wajib yang dilakukan seteiap kali yayasan menerima pegawai baru tetapi hal ini menjadi sebuah momen pembekalan dan penanaman budaya kerja sebagaimana tercermin dalam motto melayani dengan hati.
"Kegiatannya bagus sekali. Kita juga bisa saling mengenal antar pegawai," katanya.
Anita Klau, salah satu calon pegawai tetap, merasa senang dengan kegiatan yang ada. Materi yang ada dirasakan sangat berguna karena ia mengatahui banyak hal tentang Unwira dan Yapenkar. 
"Semoga apa yang kita jalani selama orientasi, tidak hanya berhenti di situ saja tetapi bisa berlanjut demi tercapainya visi misa Unwira," tandasnya.

Kegiatan orientasi pun tidak hanya berlangsung di dalam ruangan. Yapenkar merancang sebuah kegiatan outdoor, yakni Community Building, yang berlangsung pada hari Rabu, 3 April 2019 di Pantai Lasiana Kupang. Para Calon Pegawai Tetap dibagi menjadi 4 kelompok, yakni Kelompok Arnoldian, Kelompok BAAK, Kelompok AJ, dan Kelompok Ut Vitam. Keempat kelompok tersebut menjawab sejumlah kuis seputar Unwira dan melakukan permainan lain untuk mengembangkan keterampilan calon pegawai dan memperat rasa kebersamaan diantara sesama calon pegawai maupun para pengurus Yapenkar dan Unwira. Kegiatan diakhiri dengan makan siang dan foto bersama.

Orientasi Calon Pegawai Tetap Yapenkar Kupang Angkatan 2017-2019 ditutup pada hari Jumat, 5 April 2019 dengan penandatangan Pakta Integritas dan Penyerahan SK secara simbolik kepada Calon Pegawai Tetap Yapenkar Kupang.

 

 

BERITA TERKAIT

Lowongan Kerja Sekolah Margie
Rapat Kerja Penyusunan Anggaran Belanja Universitas
Reakreditasi Fakultas Ekonomika dan Bisnis serta Prodi Ekonomi Pembangunan
UAJY Jadi Tuan Rumah KONGRES APTIK 2019
UNWIRA Membuka Lowongan Kerja Sebagai Pegawai Administrasi dan Laboran